sejarah blog

Sejarah blog

Blog merupakan singkatan dari web log”, yaitu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Sejarah Blog di internet bermula dari kehadiran situs yang memuat link-link komentar. Pertama kali istilah ini digunakan Jorn Barger sekitar Desember 1997. Ia menggunakannya untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diisi secara berkala dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai komentar pemiliknya. Kini, blog dapat berupa sekumpulan konten (teks, foto, video) yang diposting pengelolanya.

Pada 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Sebab, diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang script, HTML, dan web hosting untuk membuat sebuah Blog. Namun, saat ini, kita tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk menjadi seorang Blogger. Halaman weblog saat ini sudah sangat mewabah karena semakin mudah dalam membuatnya. Hingga saat ini, tidak sedikit pengguna internet yang memiliki sebuah blog yang terus di-update setiap hari.

Layanan media blog pertama kali dipopulerkan Blogger.com, yang dibeli oleh Google pada akhir 2002. Sejak itu, banyak aplikasi yang bersifat terbuka alias gratis (open source) yang dapat digunakan pengguna internet dari kalangan awam sekalipun.

Fungsi Blog

Blog memiliki fungsi yang beragam. Dari sekadar catatan harian, media publikasi kampanye politik, hingga marketing perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara seorang penulis tunggal, sementara sebagian yang lain dikelola beberapa penulis. Kemajuan di bidang media blog ini menuntut setiap blogger mampu menyediakan fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya. Sehingga, para pengunjung dapat meninggalkan berbagai komentar atas isi dari kontek yang dipublikasikan.

Komunitas Blogger (sebutan bagi para pemilik Blog) adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para Blogger yang ada berdasarkan kesamaan tertentu, seperti kesamaan topik yang dibahas, kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan lain sebagainya. Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk Blogging) dilakukan hampir setiap waktu untuk memelihara eksistensi pemilik Blog. Sekarang ada lebih dari 10 juta Blog yang bisa ditemukan di internet.

Para Blogger masih akan terus berkembang seiring dengan bergulirnya waktu, karena saat ini ada banyak sekali software, tool, dan penyedia layanan pembuat Blog gratis di internet yang mempermudah mereka untuk membuat dan merawat Blognya. Di Indonesia sendiri, Blog semakin marak dibuat seiring dengan banyaknya pengguna internet yang bertambah setiap harinya.

Saat ini, para Blogger tidak hanya berasal dari kalangan web developer atau administrator saja, namun makin beragam. Mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga pekerja kantoran banyak menggunakan blog sebagai media penyampaian ide-ide kreatif mereka. Ini semua didukung juga dengan banyaknya penyedia jasa layanan pembuat blog gratis yang dapat ditemukan secara mudah di internet.

Manfaat Ngeblog

  1. Pemeliharaan ide dari kepunahan
  2. Ajang pembuktian diri
  3. Menambah wawasan
  4. Kualitas ilmu terus meningkat
  5. Hidup semakin dewasa
  6. Menghasilkan keuntungan material
  7. Luas Jaringan
  8. Mendapatkan keuntungan spiritual, emosional, dan sosial

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: